PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SI MEGA BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA DI SDN KEBRAON I SURABAYA

  • AHMAD RIFALDI
  • YOYOK YERMIANDHOKO

Abstract

ABSTRAK

Penelitian pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk : (1) Agar dapat mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran Si Mega berbasis Android untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA materi gaya. (2) Meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA materi gaya pada siswa kelas IV di SDN Kebraon I Surabaya.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan model pengembangan Plomp & Nieveen. Pengembangan media pembelajaran pembelajaran Si Mega berbasis Android dengan lima fase. Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran Si Mega berbasis Android berdasarkan uji validasi para ahli dan uji coba kepada subjek uji coba menggunakan kuisioner. Subjek uji coba yaitu siswaikelas IV di SDN Kebraon I Surabaya. Dan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang materi gaya yang didapatkan dari hasil pre-test dan post-test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran Si Mega berbasis Android dinyatakani ayak melalui pengujian para ahli dan peserta didik. Persentase yang dicapai dari ahli materi sebesar 76,9% yang dapat diartikan media Si Mega tersebut valid. Dan persentase dari ahli media sebesar 76,7% yang dapat diartikan media pembelajaran Si Mega tersebut valid. Hasil yang diperoleh dari subjek penelitian menggunakan lembar kuisioner sebesar 82,3% dikatakan media pembelajaran Si Mega layak. Untuk hasil dari nilai pre-test sebesar 62,25 dan hasil nilai post-test sebesar 82,5, ini membuktikaninilai dari siswa meningkat sehingga media pembelajaran Si Mega terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Media Android, Si Mega, materiigaya, mata pelajaran IPA

Published
2019-08-12
Section
Articles
Abstract Views: 93
PDF Downloads: 70