PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN MELALUI STRATEGI EVERYONE IS TEACHER HERE SISWA KELAS V SD

  • REGINA DENOK IMANIAR
  • SRI HARIANI

Abstract

Keterampilan menulis merupakan sarana yang penting bagi pendidikan karena menulis memudahkan siswa dalam menuangkan fikiran dan memecahkan masalah dalam bentuk tulisan. Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas V SDN Kampung Dalem 6 Kediri ditemukan bahwa keterampilan menulis ringkasan masih rendah. Berdasarkan kondisi tersebut maka digunakan strategi pembelajaran Everyone Is Teacher Here dalam pembelajaran menulis ringkasan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran melalui strategi Everyone Is Teacher Here, hasil belajar siswa, dan kendala-kendala yang terjadi serta cara mengatasinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan catatan lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan menerjemahkan pengamatan, tes, dan catatan lapangan. Keterlaksanaan pelaksanaan pembelajaran menulis ringkasan pada siklus I mencapai 96,5% dan siklus II mencapai 100%. Ketercapaian pembelajaran menulis ringkasan pada siklus I mencapai 86,8 dan siklus II mencapai 98,2. Nilai rata-rata siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 83 dan pada siklus II meningkat menjadi 92,8. Persentase ketuntasan belajar siklus I sebesar 80% menjadi 93% pada siklus II.

Kata Kunci: strategi Everyone Is Teacher Here, keterampilan menulis ringkasan.

Published
2019-08-23
Section
Articles
Abstract Views: 136
PDF Downloads: 160