MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MEDIA TANGRAM DI SEKOLAH DASAR

  • MEISA DWI ANJARSARI JURUSAN PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Berdasarkan hasil observasi di SDN Plosogenuk I khususnya di kelas V menunjukkan bahwa guru lebih mendominasi kegiatan pembelajaran dan tidak menggunakan media pembelajaran, sehingga siswa kurang terlibat aktif. Akibatnya  hasil belajar siswa menjadi kurang maksimal, 71% hasil belajar siswa dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yaitu 60. Pada penelitian ini, peneliti menawarkan salah satu media yakni tangram. Tangram merupakan puzzle yang terdiri dari tujuh bidang geomerti yakni terdiri dari 5 buah segitiga, 1 persegi dan 1 jajar genjang yang disusun menjadi sebuah persegi dan dapat disusun menjadi bentuk bangun datar lain. Tujuan yang hendak dicapai adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dalam pembelajaran materi mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dengan menggunakan media tangram, mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran materi mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dengan menggunakan media tangram, mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dengan menggunakan media tangram,. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa, tes hasil belajar materi mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar. Data yang diperoleh dianalisis  menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitaif. Penelitian dilaksanakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Hasil  penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru pada sebesar 36% dari siklus I 53,79% menjadi 89,79%. Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran juga mengalami peningkatan keberhasilan pada siklus I 55,1% menjadi 80,4% pada siklus II. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media tangram dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I ketuntasan klasikal 51,35% dan disiklus II meningkat menjadi 78,4%.. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media tangram dapat membantu pelaksanaan aktivitas guru dan siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar materi mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar.

Kata Kunci: Tangram, Hasil belajar, Bangun datar.

 

Abstract: Based on the observation result at SDN Plosogenuk I especially on the fifth  grade, showing that teacher more dominate on the learning activity and not using learning media so that student not involved actively. And the result is student learning result become less maximal, 71% student learning result under KKM (Minimum Completeness Criteria) is 60. In this study, researcher  offering media that can be used namely tangram.  Tangram is a puzzle that comprised of seven geometry plane like 5 triangle, 1 square and 1 parallelogram that constructed become a square and can construct to become other plane structure. The purpose that want to achieve is  to describe teacher activity on the plane structure learning activity to identify the material properties of the panel up with the utilization of tangram media, describe student activity on the plane structure learning activity to identify the material properties of the panel up with the utilization of tangram media and describe student learning result on the plane structure learning activity to identify the material properties of the panel up with the utilization of tangram media.The data in this study were obtained from the observation of teacher and student activities, achievement test materials to identify the properties of plane subject. Data were analyzed using descriptive quantitative data analysis techniques. The experiment was conducted two cycles and each cycle consisted of one meeting. The results also showed an increase in activity of 36% of teachers in the first cycle of 53.79% to 89.79%. Activity of students in learning activities also increased success in the first cycle 55.1% to 80.4% in the second cycle. In addition, the results showed that by using tangram media can improve student learning outcomes. In the first cycle classical completeness in cycle II 51.35% and increased to 78.4% .. It can be concluded that the use tangram media can improve learning outcomes identify the material properties plane subject.

Keywords: tangram, learning result, plane subject.

Published
2013-06-14
Abstract Views: 106
PDF Downloads: 454