PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN TEMA 8 “DAERAH TEMPAT TINGGALKU” DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI BERBASIS ANDROID PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • ANDRI MUKTI PURBIYANTO
  • MOHAMMAD HUSNI ABDULLAH

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya keterampilan menulis siswa kelas IV sekolah dasar. Keterampilan menulis merupakan permasalahan mendasar bagi sebagian guru dalam menyampaikan materi pada siswa namun di sisi lain siswa memiliki keterampilan menulis materi pembelajaran yang masih rendah yang disampaikan oleh guru. Rendahnya keterampilan menulis disebabkan guru belum menggunakan media pembelajaran yang tepat dan dalam pembelajaran guru masih menggunakan metode yang monoton seperti ceramah tanpa melibatkan siswa secara langsung. Siswa hanya pasif ketika mendengarkan materi tanpa adanya umpan balik terhadap materi pembelajaran, sehingga dampaknya adalah hasil belajar yang diperoleh siswa belum optimal serta akan berdampak buruk pada kualitas pembelajaran tema daerah tempat tinggalku. Mencermati permasalahan di atas, munculah suatu ide untuk peningkatan menulis dengan salah satu media pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran bahasa indonesia yaitu media gambar berseri berbasis android.

Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil menulis siswa, dan kendala serta cara mengatasi dalam Media Gambar Berseri berbasis android untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV sekolah dasar.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat tiga tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media gambar berseri berbasis android tingkat keterlaksanaan siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan menjadi 94%, nilai ketercapaian siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan menjadi 85, hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis secara klasikal dari siklus I samapai siklus II mengalami peningkatan menjadi 81,2%, dan kendala-kendala yang dihadapi dapat diatasi dengan baik.

Kata Kunci : gambar berseri, android , keterampilan menulis

Published
2019-11-22
Section
Articles
Abstract Views: 105
PDF Downloads: 47