HUBUNGAN KECERDASAN MUSIKAL DENGAN KEMAMPUAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • UMMU JAMIL
  • YOYOK YERMIANDHOKO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kecerdasan musikal dengan kemampuan mata pelajaran matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan desain Pre-Experimental Designs (Nondesign) jenis One-Shot Case Study . Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Ponorogo. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Data yang digunakan yaitu hasil tes matematika dan SBdP yang diolah dengan statistik nonparametrik dan uji korelasi ganda. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kecerdasan musikal dengan kemampuan matematika. Hasil menunjukkan bahwa hubungan kecerdasan musikal dengan kemampuan psikomotor lebih tinggi daripada hubungan kecerdasan musikal dengan kemampuan kognitif matematika, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan muikal dengan kemampuan mata pelajaran matematika siswa.

Kata Kunci: Kecerdasan Musikal , Musik dan Pembelajaran, Matematika.

This research aims to determine whether there is a relationship between musical intelligence and students mathematical abilities. This research is a correlation study with the Pre-Experimental Designs (Nondesign) type of One-Shot Case Study. The study population was all grade IV MI Hidayatul Mubtadiin Ponorogo students. The research sample was taken using a saturated sample technique. The data used are the results of mathematical tests and SBdP processed with nonparametric statistics and multiple correlation tests. Correlation test results indicate a significant relationship between musical intelligence with mathematical ability. The results show that the relationship of musical intelligence with psychomotor abilities is higher than the relationship of musical intelligence with mathematical cognitive abilities, it can be concluded that there is a significant relationship between musical intelligence with the ability of students mathematics subjects.

Keywords: Musical Intelligence, Music and Learning, Mathematics.


Published
2019-12-12
Section
Articles
Abstract Views: 108
PDF Downloads: 64