EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL GUIDE READING PADA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR BERINGIN 477 SURABAYA

  • SUCI NUR ISTIKHOMAH
  • WAHYU SUKARTININGSIH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Guide Reading terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa. Jenis penelitian adalah pre-experimenal desaign yaitu one group pretest-posttest desaig. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V-A SDN Beringin 477 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan kuisioner. Teknik analisis data instrument yang digunakan adalah uji validitas dan uji reabilitas, sedangkan teknik analisis data hasil penelitian menggunakan uji hipotesis. Hasil penelitianini menunjukkan bahwa penggunaan model Guide Reading efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas V dibuktikan dengan uji t-test, thitung (5,52) dengan nilai signifikan 0,05. sehingga dikatakan thitung (5,52) > ttabel (2,060), maka dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima artinya yaitu model Guide Reading efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman.

Kata Kunci: model, Guide Reading, pembelajaran membaca pemahaman

Published
2020-01-02
Section
Articles
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 49