PERMAINAN KAPIKA (KARPET PIJAK MATEMATIKA) SEBAGAI PENGENALAN JENIS-JENIS BANGUN DATAR

Authors

  • GALIH MAJESTY ERAWAN
  • IKA RAHMAWATI

Abstract

ABSTRAK

Belajar sambil bermain merupakan salah satu cara untuk membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, peneliti ingin menyediakan sarana untuk merealisasikan kegiatan belajar sambil bermain melalui pengembangan media permainan KAPIKA (karpet pijak matematika) sebagai pengenalan jenis-jenis bangun datar di sekolah dasar yang bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan media permainan KAPIKA; (2) Mendeskripsikan kevalidan media permainan KAPIKA; (3) Mendeskripsikan kelayakan media permainan KAPIKA. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Hasil dari penelitian ini berupa validasi dari ahli materi Kevalidan dari ahli materi sebesar 95,83%. Kevalidan dari ahli media sebesar 95%. Kevalidan dari instrument pengumpulan data 93,18% pada lembar kuisioner dan 94,44% pada lembar observasi. Tingkat kelayakan media permainan KAPIKA sebesar 73,86%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media permainan KAPIKA layak digunakan.

Kata Kunci: Pengembangan media, Permainan, KAPIKA, Matematika, Bangun Datar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-01-02

Issue

Section

Articles
Abstract views: 104 , PDF Downloads: 140