PENGEMBANGAN LKS BERBASIS TERKOTIF PADA PEMBELAJARAN PPKN MATERI HAK DAN KEWAJIBAN KELAS III SDN BABATAN I/456 SURABAYA

  • RETNO WAHYU SETYANINGSIH
  • VICKY DWI WICAKSONO

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan dan mengetahui kelayakan LKS berbasis TERKOTIF. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu: analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Dari penelitian ini didapatkan hasil penelitian dari validator ahli materi dengan persentase nilai sebesar 92% yang dengan itu maka menunjukkan bahwa LKS berbasis TERKOTIF sangat valid. Sedangkan berdasarkan pada kegiatan ujicoba diperoleh hasil persentase sebesar 94% dari angket pengamat dan didapatkan hasil persentase 97% dari angket pengguna siswa yang dari hasil tersebut menunjukkan kriteria sangat valid. Jadi dengan demikian LKS berbasis TERKOTIF yang telah dikembangkan dapat dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, LKS TERKOTIF, Hak dan Kewajiban
Published
2020-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 63