IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN DI SDN SAMBONGDUKUH 3 JOMBANG

  • IVA NURJANAH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini didasarkan pada implementasi kurikulum 2013. Di SDN Sambongdukuh 3 Jombang kurikulum 2013 ini baru diterapkan pada tahun 2017. Peneliti ingin mengetahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 yang dilakukan di SDN Sambongdukuh 3 Jombang, kendala apa saja yang ditemukan serta peran sekolah dalam mensukseskan implementasi kurikulum 2013 di SDN Sambongdukuh 3 Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru dan peserta didik. Adapun objek dari penelitian ini adalah situasi dan kondisi selama kegiatan pembelajaran dan kegiatan di luar pembelajaran, aktivitas guru dan peserta didik saat kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi data sumber.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 di SDN Sambongdukuh 3 Jombang sudah berjalan baik sesuai dengan kebijakan dari pemerintah. Masih ditemukan kendala antara lain kendala dalam pengadaan media pembelajaran, guru kesulitan dalam pengisian rapot online dan peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Namun kendala tersebut sudah ada upaya untuk diatasi berkat dari peran kepala sekolah dan guru yang sangat erat kaitannya dengan kelancaran dalam penerapan kurikulum 2013 di SDN Sambongdukuh 3 Jombang.

Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum, Deskriptif kualitatif


Published
2020-01-15
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 225