Pengembangan Komik Cerita Rakyat untuk Keterampilan Menulis Cerita Fiksi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

  • JOIS NILANTIRA
  • ASRI SUSETYO RUKMI

Abstract

Abstrak

Komik cerita rakyat adalah media gambar berurutan yang membentuk rangkaian cerita rakyat dengan menggunakan percakapan singkat pada balon teks. Pengembangan media komik cerita rakyat dapat membantu siswa dalam menulis cerita fiksi. Komik ini dibuat dengan gambar ilustrasi sesuai tokoh dan alur cerita yang menarik dan terdapat percakapan singkat pada balon teks yang dapat membantu siswa untuk memahami isiicerita, sehingga siswa dapat menuliskan kembaliiisi cerita dalam komik dengan bahasanya sendiri. Media komik cerita rakyat ini memuat 1 cerita rakyat yaitu “Asal Mula Reyog Ponorogo”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan media komik cerita rakyat dan menguji kualitas media komik cerita rakyat untuk keterampilan menulis cerita fiksi siswa kelas IV sekolah dasar.

Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan atau disebut dengan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Adapun tahapan ADDIE sebagai berikut: (1) Analisis (Analyze), (2) Perancangan (Design), (3) Pengembangan (Development), (4) Implementasi (Implementation), dan (5) Evaluasi (Evaluation). Subjek uji coba yaitu siswa dan guru kelas IV SDN 5 Mrayan dan SDN 4 Baosan Lor Ponorogo. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi media, lembar validasi materi, lembar angket guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunkana adalah analisis kuantitatif, berupa data hasil validasi, data hasil angket guru dan siswa.

Berdasarkan instrumen pengumpulan data, diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa media komik cerita rakyat sangat valid dengan persentase 92,65% dari validator media dan 81,94% dari validator materi. Pada saat uji coba diketahui bahwa komik cerita rakyat sangat layak digunakan untuk keterampilan menulis cerita fiksi dengan mendapat persentase nilai 100% dari pengamat. Hasil lembar angket siswa pada tahap uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dengan masing-masing persentase sebesar 92,85% dan 92%.

Kata Kunci : Pengembangan, komik cerita rakyat, keterampilan menulis cerita fiksi

Published
2020-01-20
Section
Articles
Abstract Views: 110
PDF Downloads: 150