PENGGUNAAN MEDIA TIMELINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • YOGA DWIAJI PRADITA
  • PUTRI RACHMADYANTI

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan.2 siklus dan bertujuan.untuk.mendeskripsikan peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPS siswa dengan digunakannya media Timeline. Subjek penelitian 16 siswa kelas V SDN Cengkok Tarokan Kediri. Hasil penelitian yang didapatkan adalah aktivitas guru pada siklus I mendapatkan skor 75% sedangkan pada siklus II mendapatkan skor 93,75%. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase sebesar 71,25% dan pada siklus II memperoleh persentase sebesar 92%. Pada hasil belajar IPS siswa, siswa yang tuntas belajar sebelum dilakukan tindakan sebesar 46%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I siswa yang tuntas belajar 68,75%, pada siklus II sebesar 93,75%. Dari data yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa media Timeline dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Media Timeline, IPS, Proklamasi di Indonesia
Published
2020-01-28
Section
Articles
Abstract Views: 45
PDF Downloads: 118