PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH PROFESSIONAL 8 DALAM PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIAPADA SISWA KELAS V SD NEGERI BANJARSARI PANDAAN PASURUAN

  • MUHAMMAD HUSAINI
  • SUPRIYONO

Abstract

Abstrak

Berdasarkan dari identifikasi masalah yang terdapat pada kelas V SDN Banjarsari Pandaan pasuruan terdapat banyak faktor siswa untuk sulit memahami materi khususnya pembelajaran IPS dengan kurangnya memanfaatkan media pembelajaran yang ada. Penelitian ini bertujuan mengembangan media Macromedia flash secara efektif dan layak untuk kelas V SDN Banjarsari Pandaan Pasuruan dengan materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Berdasarkan dari identifikasi masalah, terdapat banyak faktor yang akan berpengaruh terhadap hasil belajar. Metode pembelajaran Macromedia flash yaitu Reseach and Development yang telah di modifikasi.

Hasil penelitian ini adalah pengembangan keefektifan media flash dengan hasil uji coba pretest dan posttest yang di laksanakan pada kelas V SDN Banjarsari dengan hasil nilai pre-test siswa sebesar 53% sedangkan nilai rata-rata dari post-test sebesar 80,5%. Kelayakan suatu produk ditentukan dari hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media sebesar 89,23% sedangkan ahli materi memperoleh hasil 97,14%. Dengan demikian dari hasil penelitian pengembangan media Macromedia flash keefektifan dan kelayakan diterapkan dalam pembelajaran.

Kata kunci : Pengembangan, media flash

Abstract

Based on the identification of the problems found in class V SDN Banjarsari Pandaan Pasuruan there are many factors for students to have difficulty understanding material, especially social studies learning by not utilizing the existing learning media. This study aims to develop Macromedia flash media effectively and appropriately for class V SDN Banjarsari Pandaan Pasuruan with material events around the proclamation of independence. Based on the identification of the problem, there are many factors that will affect the learning outcomes. The Macromedia flash learning method is Modified Reseach and Development.

The results of this study were the development of the effectiveness of flash media with the results of the pretest and posttest trials carried out in class V SDN Banjarsari with the results of the student pre-test score of 53% while the average value of the post-test was 80.5%. The feasibility of a product is determined from the results of the validation carried out by media experts at 89.23% while the material experts get 97.14% results. Thus the results of research into Macromedia flash media development effectiveness and feasibility are applied in learning.

Keywords: Development, flash media

Published
2020-01-29
Section
Articles
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 51