Pengembangan Mobile Learning dengan Pemanfaatan Virtual Reality Berbasis Android di Kelas IV SD Muhammadiyah 10 Surabaya

  • SALMA NABILA
  • GANES GUNANSYAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui taggapan guru dan siswa sebelum pangembangan, kelayakan mobile learning, dan efektivitas mobile learning melalui pemanfaatan virtual reality berbasis android pada kompetensi hasil belajar IPS di kelas IV SD Muhammadiyah 10 Surabava. Peneliti mengganakan jenis penelitian R&D dengan model pengembangan ADDIE. Metode penelitian yarg digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji kelayakan media dari ahli materi dan ahli media serta untuk keefektifan mobile learning dilakukan uji validitas, homogenitas, normalitas, reliabilitas, dan uji t. Hasil penelitian ini menyatakan pengembangan mobile learning dengan pemanfaatan virtual reality berbasis android dibutuhkan oleh guru dan siswa, kelayakan produk media pembelajaran diperoleh hasil sangat layak dari ahli materi dan ahli media, media yang telah dikembangkan ini efektit karena berdasarkan analisa statistik ada beda antara pre-test dan post-test kelas media mobile learning Ada beda antara post-test kelas media mobile learning dan post-test kelas power point dan buku.
Published
2020-02-04
Section
Articles
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 30