PENGEMBANGAN MODUL GEBAR (GERAK BARIS-BERBARIS) BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • UZLIFATUL HASANAH
  • DELIA INDRAWATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul dan mengetahui kelayakan modul GEBAR (Gerak baris-berbaris). Model pengembangan yang digunakan adalah modifikasi model pengembangan dalam buku Sugiyono yang terdiri atas 10 tahap menjadi 7 tahap. Hasil validasi materi dan media modul menunjukkan persentase ahli materi 96% (valid), guru 94%(valid) dan ahli media 89% (valid). Validasi ditinjau dari aspek bahasa dan tampilan modul sesuai karakteristik modul secara umum. Modul juga dikatakan praktis dengan adanya hasil kuesioner pendapat siswa yang menunjukkan persentase kelas 4A 86% dan kelas 4B 85%. Berdasarkan hasil penelitian maka modul GEBAR dapat dikatakan telah layak digunakan dalam pembelajaran materi sudut siswa kelas IV, namun memang modul perlu adanya bimbingan dari orang dewasa lainnya ketika digunakan diluar jam pembelajaran dikelas.

Kata Kunci: Pengembangan, Sudut, Gerak Baris-berbaris.

This study aims to develop Module and find out how the feasibility of the GEBAR module (line motion line up) The development model used is a modification of the development model in Sugiyonos book which consists of 10 stages into 7 stages. The results of the validation of the material and media modules showed the percentage of material experts 96% (valid), teachers 94% (valid) and media experts 89% (valid). Validation is reviewed from the language aspect and module appearance according to the modules characteristics in general. The module is also said to be practical with the results of the student opinion questionnaire which shows the percentage of class 4A 86% and class 4B 85%. Based on the results of the study, the GEBAR module can be said to have been suitable for use in the learning angle for the fourth grade students, but the module does need guidance from other adults when used outside of class time.

Keywords: Development, Angle, Line motion line up.
Published
2020-04-27
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 66