PENGEMBANGAN MEDIA GAME UNDERCOVER BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TATA SURYA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SEKOLAH DASAR

Authors

  • LINTANG AYU FITRIYANI
  • MINTOHARI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media game Undercover materi tata surya yang layak berdasarkan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian research and Development (R&D) oleh Borg and Gall dengan delapan tahapan yaitu, mencari potensi dan masalah, pengumpulan data awal, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Desain uji coba produk menggunakan one group pretest-posttest design. Kevalidan media diketahui dari validasi media yang memperoleh persentase 90%, dan validasi materi 91,7%. Kepraktisan diketahui dari hasil respon siswa memperoleh persentase sebesar 92,8%, dan hasil respon guru sebesar 89,1% pada uji coba produk. Kemudian pada uji coba pemakaian, hasil respon siswa memperoleh persentase sebesar 93,6% dan hasil respon guru sebesar 94,5%. Keefektifan media diketahui dari persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 90,3% dengan N-Gain 0,73. Sehingga, game Undercover materi tata surya layak untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-05-01

Issue

Section

Articles
Abstract views: 151 , PDF Downloads: 185