PENGEMBANGAN MEDIA GAME LABYRINTH ADVENTURE BERBASIS ANDROID SESUAI TAHAPAN PEMECAHAN MASALAH POLYA DI SEKOLAH DASAR

  • NOVITA ELY WARDHANI
  • IKA RAHMAWATI

Abstract

Abstrak
Materi soal cerita pada buku dan media yang digunakan guru tidak menjelaskan bagaimana cara penyelesaiannya serta pengoperasian handphone pada anak kurang dimanfaatkan keberadaannya, oleh karena itu peneliti melakukan pengembangan game Labyrinth Adventure berbasis Android sesuai tahapan pemecahan masalah Polya di Sekolah Dasar dengan tujuan : (1) mengetahui proses pengembangan dari game Labyrinth Adventure; (2) mengetahui kelayakan media game Labyrinth Adventure. Dalam pengembangan media menerapkan model ADDIE. Pengembangan media ini pada validasi materi memperoleh persentase 94% dan pada validasi media memperoleh persentase 87,5%. Pada tahap implementasi yang dilakukan pada siswa kelas IV memperoleh persentase angket rata-rata 89,7% dan persentase hasil observasi rata-rata 95%. Sehingga kesimpulan yang didapat yaitu media game Labyrinth Adventure layak digunakan.
Kata Kunci: pengembangan media, media game Labyrinth Adventure, pemecahan masalah Polya
Published
2020-05-02
Section
Articles
Abstract Views: 90
PDF Downloads: 88