PENGARUH MEDIA PERMAINAN KARTU MATHCA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

  • LIVIA LEONITA
  • BUDIYONO

Abstract

Penelitian ini mempunyai ketercapaian untuk mengetahui pengaruh media permainan kartu Mathca terhadap hasil belajar siswa materi perkalian dan pembagian. Jenis penelitiannya merupakan penelitian eksperimen, desain penelitiannya quasi non equivalent control group design. Sedangkan populasinya yaitu seluruh siswa pada kelas II di SDN Benowo 1 Surabaya. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan adalah hasil belajar yang didapat dari siswa mengerjakan pretest dan posttest yang diolah kemudian dengan uji statistik parametrik dan juga uji-t dua sampel independen. Hasil melalui uji-t diketahui bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan diantara kelas eksperimen yang diberi perlakuan media permainan kartu Mathca dengan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan atau tanpa media. Lalu perhitungan n-gain menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa terbukti adanya pengaruh yang signifikan antara media permainan kartu Mathca terhadap hasil belajar yang didapat siswa.

Kata Kunci: Kartu MATHCA, Hasil Belajar, Perkalian. dan Pembagian.

Published
2020-05-10
Section
Articles
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 186