PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK SEBAGAI MEDIA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI METAMORFOSIS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

  • NORMA SILMA NIRMALA
  • FARIDA ISTIANAH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran Flipbook yang ditinjau dari kevalidan dan juga kepraktisan media pada materi metamorphosis mata pelajaran IPA kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakaan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dari Borg and Gall ada sepuluh tahapan namun peneliti hanya menggunakan 7 tahapan karena keterbatasan waktu dan keadaan (Pandemi Covid-19).Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan 10 siswa kelas IV SDN Panjangjiwo 1/265 Surabaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi ( baik media dan juga materi) serta lembar angket (angket guru dan juga peserta didik). Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis data validasi serta teknik analisis data angket. Dalam hal ini hasil penelitian menunjukkan kevalidan media dengan presentase 97,6 %, kevalidan materi 87%, serta hasil angket peserta didik dan guru dengan perolehan rata-rata 91%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Flipbook sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran IPA materi metamorphosis kelas IV sekolah dasar.

Kata Kunci: media pembelajaran, flipbook, metamorphosis

Published
2020-05-19
Section
Articles
Abstract Views: 461
PDF Downloads: 857