PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK SIKLUS AIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR

  • FAUZA LAILIYAH
  • FARIDA ISTIANAH

Abstract

Kurangnya penggunaan media pembelajaran berakibat pada hasil belajar siswa. Dengan begitu, peneliti melakukan sebuah pengembangan media komik materi siklus air untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di sekolah dasar dengan tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui kevalidan media komik materi siklus air untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di sekolah dasar;(2) Untuk mengetahui kepraktisan media komik materi siklus air untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di sekolah dasar;(3) Untuk mengetahui keefektifan media komik materi siklus air untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di sekolah dasar. Pada penelitian pengembangan ini, peneliti menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan dengan evaluasi pada setiap tahapan. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu 26 siswa kelas V SDN Lontar 481 Surabaya.Dari hasil penelitian pengembangan media komik materi siklus air layak digunakan dengan kriteria kelayakan perolehan nilai presentase validasi media sebesar 95, 31%, validasi materi sebesar 92, 5%, dan validasi bahasasebesar 93,75%. Selanjutnya, pada tahap implementasi di sekolah dasar diperoleh data kepraktisan media komik siklus air materi siklus air berdasarkan angket respon siswa adalah sebesar 91,07%. Data keefektifan media komik siklus air dari hasil belajar siswa pada kegiatan pretest dan posttest memiliki peningkatan yang signifikan pada analisis n-gain dengan perolehan rata-rata sebesar 0,71 yang memiliki kategori “tinggi”. Sehingga dapat dikatakan penggunaan media komik ini memberikan dampak pada hasil belajar siswa dan tingkat kreatifitas siswa.





Published
2020-05-19
Section
Articles
Abstract Views: 202
PDF Downloads: 495