Pengembangan Media Miniatur Kereta API Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Pembelajaran IPA SD Kelas V

  • FENI SETYOWATI
  • MINTOHARI

Abstract

Abstrak
Media merupakan salah satu bagian terpenting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Media bermanfaat untuk meringankan tugas guru dalam menyampaikan materi, serta mampu menumbuhkan karakteristik siswa untuk selalu aktif, produktif, dan kreatif. Dalam pembelajaran IPA, media juga sangat diperlukan terutama pada materi sistem peredaran darah manusia. Dalam materi ini media yang diperlukan adalah media peraga visual tiga dimensi. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media miniatur kereta api untuk pembelajaran IPA materi sistem peredaran darah manusia. Tujuan dari penelitian ini adalahmemperoleh kelayakan media, kepraktisan media keefektifitasan media. Hasil kelayakan diperoleh dari hasil validitas dan hasil kepraktisan diperoleh dari respond siswa dan guru. Dalam mengembagkan penelitian ini, peneliti menggunakan metode yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Tahapan yang dilakukan peneliti meliputi tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain produk, revisi produk, uji coba produk skala terbatas. Penelitian ini dilaksanakan bertepatan dengan mewabahnya virus covid-19 , sehingga penelitiannya dilakukan secara terbatas dengan responden sebanyak 7 orang. Yang terdiri dari guru kelas V dan siswa kelas V. Hasil penelitian menunjukan bahwa media miniatur kereta api dinyatakan sangat valid. Dengan hasil perolehan validasi media sebesar 81,53% dan perolehn hasil validasi materi sebesar 86,67%. Hasil kepraktisan media menunjukankan bahwa media sangat praktis. Hal ini diperoleh dari respond guru kelas V dan siswa kelas V dalam mengisi angket dengan perolehan presentase sebesar 100%.Dari hasil penelitian ini, dapat dinyatakan bahwa media miniatur kereta api layak digunakan siswa dalam pembelajaran IPA materi sistem peredaran darah manusia. Nilai keefektifitasan media adalah 66,67 % diperoleh dari hasil Pretest – Postest dan diperoleh nilai N-gain 0,80 . Sehingga dapat disimpulkan bahwa media miniatur kereta api baik digunakan untuk anak SD kelas V dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah manusia. Kata kunci : Pengembangan, media miniatur kereta api, sistem peredaran darah manusia.AbstractMedia is one of the most important parts in achieving learning objectives. The media is useful to ease the task of the teacher in delivering the material, and is able to foster the characteristics of students to be always active, productive, and creative. In learning science, media is also very necessary especially in thematerial of the human circulatory system. In this material the media needed are three-dimensional visual visual media. Therefore, researchers developed a miniature railroad media for learning natural materials in the human circulatory system.The purpose of this study is to obtain the feasibility of the media and the practicality of the media. The feasibility results obtained from the results of the validity and practicality results obtained from the response of students and teachers. In developing this research, researchers used a method developed by Borg and Gall. Stages conducted by researchers include the potential and problem stages, data collection, product design, product design validation, product revision, limited scale product trials. The research was conducted to coincide with the outbreak of the covid-19 virus, so the research was carried out in a limited manner with as many as 7 respondents. Which consists of class V teachers and class V students. The results showed that the train miniature media was declared very valid. With the results of the media validation of 81.53% and the material validation results of 86.67%. The results of the practicality of the media show that the media is very practical. This was obtained from the response of the fifth grade teacher and fifth grade students in filling out the questionnaire with the acquisition of a percentage of 100%. From the results of this study, it can be stated that the miniature train media is appropriate for students to use in learning natural science of the human circulatory system material. The value to efectivyti media is 66,67 % can it from Pretest-Posttest and the value N-gain is 0,80. From The Result of this study is miniatur of train is “Good” from stidying of Elementary scholl V class in material human blood circulation system.Keywords: Development, railway miniature media, human blood circulation system.
Published
2020-05-19
Section
Articles
Abstract Views: 249
PDF Downloads: 469