GERABAH DESA RENDENG-BOJONEGORO SEBAGAI SUMBER BELAJAR BERBASIS ETNOPEDAGOGI DI SEKOLAH DASAR

  • VALASARI VALENDRA
  • SUPRAYITNO

Abstract

Etnopedagogi adalah pendidikan yang mempelajari tentang budaya yang di dalamnya mencakup berbagai bidang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui muatan materi yang terkandung dalam gerabah sebagai sumber belajar berbasis etnopedagogi di sekolah dasar dan mengetahui bagaimana integrasi muatan materi etnopedagogi ke dalam pembelajaran terpadu di sekolah dasar yang sesuai dengan pembelajaran Kurikulum 2013. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan metode etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan kajian dokumen. Tahap analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gerabah memuat beberapa aspek seperti Matematika, IPA, IPS, Agama, Bahasa Indonesia, dan PPKn. Temuan materi tersebut kemudian diintegrasikan dalam pembelajaran yang dapat diterapkan di SD berdasarkan KD yang ada dan dapat dikembangkan menjadi beberapa model pembelajaran sesuai Kurikulum 2013 yaitu Webbed dan Connected.


Published
2020-05-20
Section
Articles
Abstract Views: 113
PDF Downloads: 1188