KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR BERKECERDASAN NUMERIK DALAM MEMECAHKAN SOAL EKSPLORASI GEOMETRI DITINJAU BERDASARKAN GENDER

  • AJENG RARA VERONICA
  • WIRYANTO

Abstract

Pemerintah mempunyai harapan besar pada pendidikan Indonesia yang diimpementasikan melalui Kurikulum 2013 bahwa siswa harus mempunyai keterampilan kreatif sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang tertuang dalam Pasal 3 UU – RI No. 20/2003 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016. Kreativitas merupakan kemampuan individu dalam menciptakan suatu hal baru dan autentik untuk memecahkan suatu permasalahan yang diukur berdasarkan indikator kefasihan, keluwesan, dan kebaruan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas siswa sekolah dasar berkecerdasan numerik bergender laki-laki dan perempuan dalam memecahkan soal eksplorasi Geometri. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode penugasan dan metode wawancara. Teknik analisis data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas siswa sekolah dasar berkecerdasan numerik bergender laki-laki berada pada tingkat 4 (sangat kreatif). Hal tersebut dikarenakan siswa mampu menunjukkan tiga indikator kreativitas pada dua soal dari empat soal yang diberikan. Tiga indikator tersebut yaitu kefasihan, keluwesan, dan kebaruan. Sementara itu, kreativitas siswa sekolah dasar berkecerdaan numerik bergender perempuan berada pada tingkat 3 (kreatif). Hal tersebut dikarenakan siswa mempu menunjukkan dua indikator kreativitas pada tiga soal dari empat soal yang diberikan. Dua indikator tersebut yaitu kefasihan dan keluwesan. Jadi, berdasarkan penelitian ini kreativitas siswa bergender laki-laki lebih unggul dibanding siswa bergender perempuan.

Kata Kunci: Kreativitas, Soal Eksplorasi Geometri, Gender.
Published
2020-05-20
Section
Articles
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 66