PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA TEKS NARASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DI SURABAYA

  • ASMINAH
  • ASRI SUSETYO RUKMI

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan buku suplemen untuk keterampilan membaca teks narasi siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan yaitu : 1) Analyze, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation . Teknik pengumpulan data dengan validasi, observasi, angket, dan tes. Hasil penelitian dengan menggunakan model ADDIE didapatkan kevalidan buku suplemen berdasarkan hasil validasi media mencapai 96% dan hasil validasi materi mencapai 86% Kepraktisan buku suplemen berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba skala kecil mencapai 85% dan uji coba skala besar mecapai 87%. Keefektifan berdasarkan hasil angket siswa mencapai 94%, hasil angket guru mencapai 95% dan hasil tes pada uji coba skala kecil diperoleh thitung 6,33 > ttabel 2,262 dan uji coba skala besar diperoleh thitung 14,46 > ttabel 2,042 atau dapat dikatakan peningkatan siginifikan. Hasil menunjukkan bahwa buku suplemen layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Kata kunci: pengembangan buku suplemen, keterampilan membaca, teks narasi

Published
2020-05-23
Section
Articles
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 360