ANALISIS BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BANGUN RUANG DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

  • ULFA SAFITRI
  • WIRYANTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tingkat berfikir kreatif peserta didik sekolah dasar dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang berdasarkan kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif diskriptif. Subjek penelitian yaitu peserta didik berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes tulis dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dan tes tulis. Setelah data terkumpul, kemudian akan dilakukan teknik analisis data melalui koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang mempunyai kemampuan matematika tinggi, tingkat berfikir kreatif sesuai dengan kemampuan kognitif dan berada pada tingkat 3 yang berarti aspek atau indikator berfikir kreatifnya meliputi aspek kefasihan dan kebaruan dan atau kefasihan dan keluwesan. Peserta didik yang mempunyai kemampuan matematika sedang dan rendah, tingkat berfikir kreatifnya berada pada tingkat 1 yang berarti aspek atau indikator berfikir kreatifnya meliputi aspek kefasihan.

Kata Kunci: berfikir kreatif, materi bangun ruang, kemampuan matematika.

Published
2020-05-23
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 96