PENGEMBANGAN MEDIA KARSAWA (KARTU AKSARA JAWA) UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS AKSARA JAWA DI KELAS III SEKOLAH DASAR

  • DESTI ARIANI
  • HERU SUBRATA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini berlatar belakang dari pembelajaran menulis aksara Jawa masih belum menggunakan variasi media pembelajaran dan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi menulis aksara Jawa). Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan prosedur pengembangan media dan mengetahui kevalidan, kepraktisan media Karsawa (Kartu Aksara Jawa) untuk pembelajaran menulis aksara Jawa di kelas III sekolah dasar. Pengembangan media ini menggunakan model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, penerapan, evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ( validasi materi dan validasi media) dan lembar angket kepraktisan (angket guru dan angket siswa). Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif dari hasil validasi dan angket kepraktisan yang dihitung menggunakan skala likert. Hasil kevalidan media Karsawa mendapat persentase 90,38 % (sangat valid) dan validasi materi mendapat persentase 96,7 % (sangat valid). Kepraktisan media diperoleh dari angket guru mendapat persentase 91,67 % dan angket respon siswa sebesar 87,72 % (sangat praktis).

Kata kunci: pengembangan media karsawa, pembelajaran, menulis aksara Jawa.

Abstract

This study is based on writing Javanese script lessons a learning media has not been applied and student had difficulty to understand writing Javanese script material. The study aims to explain the procedures of the development process of media and to find out the validity, practicality of the Karsawa (Java script card) media for learning to write Javanese script grade 3 elemntary school. This media development uses the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data collection instruments used were validation sheets ( material validation and media validation) and practical questionnaires ( teacher questionnaires ada students’ questionnaires). This study uses quantitative and qualitative data analysis techniques from the results of validation and practicality questionnaires that are calculated using a likert scale.The validity results of the media get a percentage of 90,38% (very valid) and the materials get percentage 96, 7% (very valid). The practicality of the media was obtained from the teacher questionnaire gets percentage of 91, 67% ( very practical ) and the students’ response gets a percentage of 87,72%(very practical).

Keyword: development of media karsawa, lessons, writing the Javanese script.

Published
2020-05-23
Section
Articles
Abstract Views: 437
PDF Downloads: 429