PENGEMBANGAN MEDIA ROPANTAR (RODA PANAH PUTAR) UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS AKSARA JAWA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • ANNISA AYU MAULUDIN
  • HERU SUBRATA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media, mendeskripsikan kevalidan media, dan mendeskripsikan kepraktisan media Ropantar (Roda Panah Putar) untuk pembelajaran menulis aksara Jawa siswa kelas IV sekolah dasar menggunakan sandhangan dan pasangan pa, sa, ha, ka, ta, la. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi). Hasil penilaian media Ropantar didapatkan melalui hasil validasi dan kepraktisan media Ropantar. Hasil validasi media menunjukkan persentase angka sebesar 87,5% yang dikategorikan sangat valid, sedangkan hasil validasi materi menunjukkan persentase angka sebesar 95,3% yang menunjukkan sangat valid, sehingga media Ropantar dikatakan valid. Hasil kepraktisan yang didapat melalui respon guru memiliki persentase angka 97,2% kategori sangat praktis dan siswa memiliki persentase angka 96% menunjukkan kategori sangat praktis, sehingga media Ropantar dapat dikatakan valid dan praktis untuk digunakan.

Kata Kunci: pengembangan media Ropantar, pembelajaran menulis aksara Jawa

Published
2020-05-23
Section
Articles
Abstract Views: 118
PDF Downloads: 142