PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO DAN BUKU TASAWA (TILAWATI AKSARA JAWA) UNTUK PEMBELAJARAN MEMBACA AKSARA JAWA KELAS III SEKOLAH DASAR

  • DIANA AYU LESTARI
  • HERU SUBRATA

Abstract

Penelitian yang dilatarbelakangi adanya kesulitan siswa dalam memahami materi membaca aksara Jawa ini bertujuan menjelaskan proses pengembangan media, kevalidan media, dan kepraktisan media video dan buku Tasawa (tilawati Aksara Jawa) untuk pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan model pengembangan ADDIE menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data hasil validasi oleh dosen ahli media dan dosen ahli materi serta kuisioner respon guru dan siswa. Hasil validasi media video menunjukkan rata- rata penilaian sebanyak 87,5% dan hasil validasi media buku rata- rata penilaian sebanyak 88,6%. Sedangkan hasil validasi materi pada video dan buku Tasawa (Tilawati Aksara Jawa) menunjukkan nilai rata- rata yang sama yakni sebesar 86,3%. Hasil uji coba terbatas berdasarkan kuisioner respon guru menunjukkan rata- rata 90% dan kuisioner respon siswa terhadap media video dan buku Tasawa (Tilawati Aksara Jawa) adalah 92,75% dan 92,25%. Berdasarkan hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa media video dan buku Tasawa (Tilawati Aksara Jawa) sangat valid dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran membaca aksara Jawa.

Kata Kunci: tasawa, Tilawati Aksara Jawa, media video dan buku tasawa.

Published
2020-05-23
Section
Articles
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 44