Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 2 Jatiprahu Trenggalek

  • MIFTAQUL JANA
  • ULHAQ ZUHDI

Abstract

Pembelajaran mempunyai arti yaitu usaha pendidik untuk memotivasi belajar para peserta didik agar mencapai sebuah keberhasilan. Dalam hal ini, guru berperan sangat penting dalam setiap proses pembelajaran, sehingga guru harus bisa memilih pendekatan, teknik, model, metode dan strategi pembelajaran yang tepat dalam setiap proses pembelajaran. Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya prestasi belajar siswa SDN 2 Jatiprahu terhadap mata pelajaran IPS. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan keefektifan serta kreatifitas siswa.Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran yang tepat dan menarik perhatian siswa, serta membuat siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, yaitu melalui penerapan model pembelajaran penomoran pada diri siswa (Numbered Head Together).Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain non-equivalen control group design pada kelas V SDN 2 Jatiprahu Trenggalek yang terdiri dari 30 siswa terbagi menjadi 2 kelas V A (kelas eksperimen) dan V B (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest). Sedangkan untuk analisis datanya m9enggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test dan uji n-gain ternormalisasi. Ketercapaian pembelajaran menunjukkan bahwa kedua kelas dalam kondisi normal dan tidak berbeda, namun ada perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih besar daripada hasil belajar kelas kontrol. Secara perhitungan nilai uji t untuk data pretest dan posttest didapatkan hasil bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima.

Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, penomoran pada diri siswa, hasil belajar.

Published
2020-05-27
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 24