MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI MATERI JENIS PENGELOMPOKAN HEWAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini adalah mengembangkan media monopoli strategi pengelompokan hewan (monster kawan). Alasan peneliti melakukan penelitian dan pengembangan ini adalah metode pembelajaran yang diterapkan guru membuat siswa bosan dan ramai serta keterampilan berpikir kritis siswa yang masih kurang. Selain itu media yang digunakan kurang menarik minat siswa dalam belajar dan kurang menjangkau seluruh siswa. Hal inilah yang mendasari peneliti untuk mengembangkan alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan guru dan siswa dalam pembelajaran materi pengelompokan hewan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kevalidan media monster kawan dan (2) kepraktisan monster kawan dan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kevalidan media diperoleh persentase sebesar 80% pada validasi media dan 81,25% pada validasi materi. Kepraktisan media dikatakan sangat valid pada data pertanyaan yang ditujukan kepada validator..
Kata Kunci: media pembelajaran, monopoli, keterampilan berpikir kritis.