Pengembangan Media Game Edukasi Math Adventure Berbasis Android Pada Materi Perkalian dan Pembagian Pecahan Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak
Penelitian ini berdasarkan permasalahan yang dialami oleh peserta didik yang masih kesulitan dalam memahami materi perkalian dan pembagian pecahan pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN Blimbing Gudo Jombang. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Blimbing Gudo Jombang masih banyak peserta didik yang mendapatkan nilai ulangan matematika dibawah KKM yang telah ditetapkan sebesar 70, yaitu sebanyak 11 dari 29 peserta didik, hal ini terjadi karena media yang digunakan oleh guru masih belum cukup efektif untuk membuat semua peserta didik memahami materi perkalian dan pembagian pecahan, selain itu ada beberapa peserta didik yang meganggap belajar matematika sulit dan mombosankan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti mengembangkan media berupa game edukasi Math Adventure berbasis android yang dikembangkan dengan model ADDIE. Dari penelitian tersebut didapatkan hasil validasi materi dengan presentase 78% (valid), dari hasil validasi media dengan presentase 78,3% (valid), dan hasil kuisoner pengguna sebesar 89,7% (sangat layak), serta didapatkan hasil rata-rata nilai pretest sebesar 74 dan rata-rata nilai posstest sebesar 83. Setelah dilakukan perbandingan antara rata-rata nilai pretest dan posttest, maka didapatkan nilai rata-rata posttest pretest. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media game edukasi Math Adventure layak untuk digunakan dan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar untuk materi perkalian dan pembagian pecahan.
Kata Kunci: Game edukasi, Math Adventure, perkalian dan pembagian pecahan.