Pengembangan Media Game Edukasi Petualangan Si Isaac Berbasis Android pada Materi Gaya Kelas IV Sekolah Dasar

  • YENI AMALIA FIRDAUS
  • YOYOK YERMIANDHOKO

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan media game edukasi Petualangan Si Isaac adalah untuk mengembangkan alternatif media pembelajaran berbasis ICT yaitu android pada materi gaya kelas IV Sekolah Dasar, mengetahui proses pengembangan media game edukasi Petualangan Si Isaac, dan juga mengetahui tingkat kevalidan serta kepraktisan media game edukasi Petualangan Si Isaac pada materi gaya bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan sumber dari perkembangan teknologi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran serta hasil belajar siswa IPA materi gaya dari 3 sekolah yaitu MI Hasyim Asyari, MI Thoriqussalam dan SDN Sidodadi yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Untuk mengetahui tingkat kevalidan media game edukasi Petualangan Si Isaac melalui proses uji validasi ahli materi dengan hasil sebesar 89,5% (Valid), dan pada uji validasi ahli media sebesar 91,7% (Valid). Sedangkan untuk mengetahui tingkat kepraktisan media melalui uji coba kelompok kecil atau terbatas pada 6 siswa kelas IV Sekolah Dasar mendapatkan hasil sebesar 94,3 % (Sangat Praktis) dan nilai rata-rata siswa ketika sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan media game edukasi Petualangan Si Isaac adalah 62,5 dan 79,3. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media game edukasi Petualangan Si Isaac berbasis android dapat dikatakan valid dan sangat praktis untuk digunakan oleh siswa kelas IV Sekolah Dasar yang mengalami masalah kesulitan belajar pada materi gaya.Kata Kunci: Pengembangan, Game Edukasi Petualangan Si Isaac, android, gaya, Sekolah Dasar.
Published
2020-06-07
Section
Articles
Abstract Views: 219
PDF Downloads: 794