PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SIKLUS HIDUP HEWAN KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • HESTI PUNGKI HAWANIA
  • JULIANTO

Abstract

Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang sesuai berakibat pada tingkat pemahaman siswa dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu, peneliti melakukan pengembangan media big book untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi siklus hidup hewan pada siswa kelas IV SD. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kevalidan media big book pada pembelajaran IPA materi siklus hidup hewan di kelas IV SDN Wadungasih 2 Sidoarjo, (2) Bagaimana kepraktisan media big book pada pembelajaran IPA materi siklus hidup hewan di kelas IV SDN Wadungasih 2 Sidoarjo. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data menggunakan validasi media dan materi serta angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian media big book ini didapatkan melalui hasil validasi dan kepraktisan media big book yang diperoleh dari angket respon siswa. Hasil dari validasi media memperoleh presentase sebesar 85% yang berkategori sangat valid, sedangkan hasil dari validasi materi memperoleh presentase sebesar 90% yang berkategori sangat valid. Selanjutnya hasil kepraktisan diperoleh dari angket siswa sebesar memperoleh hasil presentase sebesar 90,09% menunjukkan kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan media big book materi siklus hidup hewan layak digunakan.

Kata Kunci: pengembangan media, media big book, siklus hidup hewan.




Published
2020-06-11
Section
Articles
Abstract Views: 255
PDF Downloads: 521