Praktik Education Sustainable Development: Studi Komparasi di Sekolah Dasar Kota Surabaya

  • MANDA ROHADATUL AISY
  • GANES GUNANSYAH

Abstract

Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan merupakan konsep multidisiplin berdasarkan perspektif lingkungan, sosial dan ekonomi. Konsep ini bertujuan untuk mencetak manusia yang mampu memenuhi segala kebutuhan hidupnya dengan selalu memperhatikan kebutuhan generasi saat ini dan generasi mendatang Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan perbandingan praktik pembangunan berkelanjutan beserta dengan faktor pendukung dan penghambat di Sekolah Dasar Al Irsyad, Sekolah Dasar Citra Berkat dan Sekolah Dasar Negeri Putat Gede I Surabaya. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan kajian dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa praktik pembangunan berkelanjutan telah diimplementasikan di sekolah dasar Kota Surabaya dengan program kegiatan yang bervariatif. Faktor pendukung terkait pembangunan berkelanjutan ialah apabila sekolah tersebut memiliki konsep dan implementasi yang baik terkait aspek kebijakan sekolah, strategi sekolah, konsepsi dan komitmen bagi pelaksana kegiatan. Faktor penghambat pelaksanaan ESD di sekolah dasar ialah apabila sekolah tidak memiliki kebijakan dan strategi yang baik terkait pengembangan ESD serta tingkat kesadaran yang rendah terkait konsepsi dan komitmen pelaksanaan kegiatan berbasis ESD.
Kata Kunci: Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan
Published
2020-06-13
Section
Articles
Abstract Views: 151
PDF Downloads: 204