Praktik Pembelajaran Ekoliterasi Berorientasi Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan di Sekolah Dasar Negeri Kota Surabaya Bagian Barat

  • TRI WAHYU SETYANINGRUM
  • GANES GUNANSYAH

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran praktik pembelajaran ekoliterasi berorientasi pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan di sekolah dasar negeri Kota Surabaya bagian barat. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar Negeri di Kota Surabaya bagian barat dengan total populasi 1.070 guru. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik Two Stage Cluster Sampling, dan sampel penelitian berjumlah 63 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan menghitung persentase variabel pembelajaran ekoliterasi, yang meliputi kondisi pembelajaran, metode pembelajaran, dan hasil pembelajaran. Hasil penelitian secara keseluruhan dilakukan tabulasi dan persentase dengan hasil praktik pembelajaran ekoliterasi berorientasi pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan di sekolah dasar negeri yaitu pada kategori cukup baik.

Kata Kunci: Ekoliterasi, pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan.

Published
2020-06-16
Section
Articles
Abstract Views: 234
PDF Downloads: 2007