PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN OUTDOR LEARNING DENGAN MEDIA ECOBRICK PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN DI KELAS V SD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran outdor learning dengan media ecobrick pada materi hak dan kewajiban di kelas V SD. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk berupa prototipe perangkat pembelajaran. Hasil validasi media pada penelitian menunjukkan persentase angka sebesar 80% yang dikategorikan valid, sedangkan hasil persentase validasi materi oleh dosen ahli materi mendapatkan 80%, sehingga materi dapat dikatakan valid. Hasil kepraktisan yang didapat dari angket respon peserta didik memiliki persentase 82,5% dengan kategori sangat baik, sehingga perangkat pembelajaran outdor learning dengan media ecobrick yang termuat dalam prorotipe layak digunakan sebagai pedoman dalam mengajar materi hak dan kewajiban terhadap lingkungan di kelas V Sekolah Dasar.
PDF Downloads: 158