PENGEMBANGAN MEDIA PUSARAWA (PUZZLE AKSARA JAWA) UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA JAWA SISWA KELAS III SD

  • MUTIARA DILAMSYAH
  • HERU SUBRATA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan prosedur pengembangan media pusarawa (puzzle aksara Jawa) untuk keterampilan membaca aksara Jawa dan mengetahui kevalidan dan kepraktisannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pengembangan media pusarawa sesuai dengan model ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yakni analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan) dan evaluation (evaluasi). Adapun kevalidannya menunjukkan 91,66% oleh ahli materi dengan kategori sangat valid, 79,16% oleh ahli media dengan kategori valid sedangkan kepraktisannya menunjukkan 89% dikatakan praktis.

Kata kunci: media pusarawa, puzzle aksara Jawa, keterampilan membaca.

Abstract

This research aims to explain the development procedures, validity and practicality of pusarawa media (Javanese script puzzle). This type of research is development research using the ADDIE model. The results showed that the procedure for developing pusarawa media was in accordance with the ADDIE model which consisted of 5 stages namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results of the validity by material experts showed 91,66% with a very valid category, by media experts amounted to 79,16% with a valid category. Practically of the media shows 89% said to be practical.

Keywords: pusarawa media, Javanese script puzzle, reading skills.


Published
2020-06-18
Section
Articles
Abstract Views: 204
PDF Downloads: 212