PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT MATERI KARYA SENI KOLASE BERBASIS BAHAN ALAM UNTUK KELAS IV SD

  • NISFI LAILI RAKHMADINA
  • SUPRAYITNO

Abstract

Abstrak

Terbatasnya penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran dan problematika yang dialami oleh siswa serta guru untuk membuat sebuah bahan ajar menarik yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian pengembangan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan spesifikasi pada pengembangan produk, kelayakan produk dan tanggapan kebutuhan siswa dan guru mengenai penggunaan Bahan Ajar Handout pada Materi Karya Seni Kolase Berbasis Bahan Alam melalui angket tanggapan siswa dan guru saat uji coba, validasi materi dan desain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan sesuai dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada penelitian ini menggunakan populasi siswa kelas IV sekolah dasar dan menggunakan sampel 10 orang siswa kelas IV sekolah dasar yang ada di lingkungan sekitar rumah peneliti. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar angket validasi materi dan desain, lembar observasi, lembar angket respon siswa dan guru. Lalu teknik analisis data yang digunakan adalah data hasil angket validasi materi dan desain, data hasil angket respon siswa dan guru serta data hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahan ajar handout mendapatkan persentase 97% dari validasi materi, 90% dari validasi desain, 93% dari hasil observasi, 90% dari angket respon siswa dan 91% dari angket respon guru saat uji coba produk. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar handout yang dikembangkan telah layak dan memperoleht tanggapan positif dari siswa dan guru.

Kata Kunci: Bahan Ajar Handout, Pengembangan, Kolase Bahan Alam


Published
2020-06-23
Section
Articles
Abstract Views: 118
PDF Downloads: 207