Eksplorasi Konsep Geometri Sekolah Dasar Pada Arsitektur Multikultural Masjid Auliya Sentono Gedong Kediri

  • UMMATUL MARHUMMAH
  • NENI MARIANA

Abstract

Tujuan dari adanya penelitian ini adalah mengeksplorasi arsitektur multikultural masjid Auliya Sentono Gedong Kediri untuk dicari konsep geometri di SD dan mengetahui persepsi guru terhadap hasil eksplorasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis transformatif yang menggunakan multiparadigma yakni postmodernism, interpretivism, dan criticalism. Teknik pengumpulan data menggunakan writing critical auto│etnography, writing as inquiry, postmodern interview, kajian dokumen dan kepustakaan. Hasilnya terdapat konsep geometri SD pada arsitektur multikultural Masjid Auliya Sentono Gedong Kediri seperti bangun datar, bangun ruang, sudut, garis, simetri lipat dan simetri putar. Menurut persepsi guru, hasil penemuan konsep geometri SD ini dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran Matematika berbasis pendidikan multikultural dengan konteks arsitektur Masjid Auliya Sentono Gedong. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah siswa semakin mudah memahami pembelajaran karena menggunakan media konkret sekaligus bersemangat mempelajari keberagaman budaya yang ada di Indonesia sehingga pembelajaran lebih bermakna.

Kata Kunci: Konsep Geometri SD, arsitektur mutikultural, Masjid Auliya Sentono Gedong


Published
2020-06-23
Section
Articles
Abstract Views: 119
PDF Downloads: 315