EKSPLORASI GEOMETRI PADA CANDI BAJANG RATU SEBAGAI IMPLEMENTASI ETNOMATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

  • IRMA FEBRIYANTI
  • IKA RAHMAWATI

Abstract

Pembelajaran matematika dapat dikaitkan dengan nilai-nilai budaya kearifan lokal daerah setempat berbasis etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil eksplorasi konsep geometri yang terdapat pada Candi Bajang Ratu dan peran stakeholder pendidikan di Kabupaten Mojokerto terkait dengan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika. Pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah juru pelihara candi bajang ratu, koordinator dinas pemuda dan olahraga kebudyaan dan pariwisata, koordinator dinas pendidikan, dan guru kelas sekolah dasar. Hasil penelitian mendeskripsikan bahwa: (1) Terdapat konsep geometri dalam Candi Bajang Ratu yang terdiri dari bangun datar (persegi, persegi panjang, trapesium, dan segitiga) dan bangun ruang (limas, balok dan juga kubus); (2) Konsep geometri dalam Candi Bajang Ratu dapat dijadikan alternatif sumber belajar matematika, dimana peserta didik akan diajak belajar tentang sejarah candi tersebut dan khususnya pada konsep geometri untuk mencapai kompetensi dasar yang telah ditentukan.

Kata Kunci: etnomatematika, pembelajaran matematika, geometri, candi Bajang Ratu.


Published
2020-06-23
Section
Articles
Abstract Views: 188
PDF Downloads: 441