PROFIL KETERAMPILAN MENULIS DALAM KONTEKS IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • ELVIRA ERNES SAFITRI
  • WAHYU SUKARTININGSIH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil keterampilan menulis dalam konteks implementasi program literasi pada siswa kelas IV SDN Jajar Tunggal III / 452 Surabaya, menjelaskan faktor yang mendukung, menghambat dan menganalisis cara mengatasi faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 86 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, adanya Program Literasi Sekolah dapat menunjang keterampilan menulis. 74 dari 86 siswa menyukai kegiatan menulis. Terdapat faktor pendukung yang berasal dari diri siswa sendiri, pihak sekolah dan dukungan orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya adalah rendahnya kesadaran diri siswa, latar belakang keluarga, kurang inovatif dan kreativitas guru untuk mendukung pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.

Kata Kunci: Profil, Keterampilan Menulis, Program Literasi Sekolah.

Published
2020-06-24
Section
Articles
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 105