PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO LAGU MODEL MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara, media yang digunakan guru pada pembelajaran IPA materi sistem peredaran darah manusia bervariasi, seperti video, torso, dan lagu model. Namun pada saat pembelajaran guru menemui beberapa kendala, antara lain: kurangnya motivasi belajar siswa, berpusatnya pembelajaran pada guru sehingga siswa menjadi kurang aktif, dan tidak tersampaikannya unsur visual materi. Kendala-kendala tersebut menjadikan proses belajar siswa menjadi kurang maksimal sehingga hasil belajar yang diperoleh juga kurang optimal. Dalam hal ini peneliti mengembangkan media video lagu model yang layak digunakan dalam pembelajaran guna membuat siswa aktif dan termotivasi dalam belajar.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model Borg and Gall hingga tahap keenam. Sampel yang digunakan sebagai uji coba skala kecil adalah 7 siswa kelas V MI Tarbiyatul Athfal. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket validasi ahli dan angket respon pengguna. Hasil dari penelitian pengembangan media video lagu model mendapatkan presentase kevalidan sebesar 83.87% dengan kategori sangat valid dan presentase kelayakan dari respon pengguna 86.46% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan perolehan tersebut dapat disimpulkan bahwa media video lagu model layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Video Lagu Model, Sistem Peredaran Darah Manusia.