VALIDITAS KARTU MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA MATERI PECAHAN KELAS III SD

  • NATASYA AMBARSARI
  • SUPRIYONO

Abstract

Dari banyaknya materi yang terdapat pada kelas III SD, materi pecahan merupakan salah satu materi yang masih sulit dipahami oleh siswa. Maka dari itu penanganan atas masalah yang ada pada kelas ini perlu dilakukan, pengembangan media pembelajaran adalah salah satu solusinya. Dengan media yang menarik maka pembelajaran akan lebih menyenangkan, sehingga memungkinkan siswa akan nyaman menerima materi yang disampaikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan kartu yang valid sebagai media dalam model pembelajaran make a match pada materi pecahan kelas III SD. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Akan tetapi tahap Disseminate atau penyebaran tidak dilakukan dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2020. Kartu model pembelajaran make a match yang dikembangkan dalam penelitian ini memperoleh nilai sebesar 3,5 (sangat valid) yang telah divalidasi oleh tiga validator ahli. Berdasarkan perolehan nilai tersebut maka kartu model pembelajaran make a match yang telah dikembangkan dalam penelitian ini sangat valid untuk pembelajaran materi pecahan kelas III SD.

Published
2020-06-26
Section
Articles
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 467