TRANSFORMASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR BERBASIS SADAR LINGKUNGAN DENGAN KONTEKS PENGGUNAAN LAYANAN SUROBOYO BUS
Abstract
Merefleksikan diri merupakan awal tindakan untuk melakukan suatu perubahan terhadap diri kita maupun orang lain. Peneliti menggali pengalaman mengenai penggunaan layanan Suroboyo Bus dalam perannya sebagai peserta didik, mahasiswa, dan pendidik terhadap pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mentrasformasi pembelajaran matematika di sekolah dasar berbasis lingkungan dengan menggunakan layanan Suroboyo Bus dan mendeskripsikan pandangan pendidik serta peserta didik terhadap hasil eksplorasi konsep matematika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif tipe transfromatif. Transformative research merupakan penelitian yang berdasarkan refleksi kritis dari diri peneliti. Penelitian ini menggunakan metode auto|ethnography dan multiparadigm, yaitu postmodernsm, interpretivism dan criticalism. Hasil penelitian transformative research adalah konsep-konsep matematika yang ditemukan pada penggunaan layanan Suroboyo Bus. Konsep matematika yang ditemukan antara lain konsep bilangan, konsep geometri dan pengukuran, dan konsep pengolahan data. Adanya temuan konsep matematika, maka pembelajaran matematika lingkungan dengan penggunaan layanan Suroboyo Bus dapat menjadi alternative guna menciptakan suasana yang menyenangkan. Pembelajaran matematika yang ditransformasikan pada penggunaan layanan Suroboyo Bus akan memberikan pengetahuan tentang lingkungan pada peserta didik. Penggunaan sampah botol plastik sebagai alat pembayaran untuk menggunakan Suroboyo Bus akan menimbulkan kepedulian peserta didik terhadap sampah botol plastik. Peserta didik akan mulai menyadari bahwa sampah bukanlah barang yang tidak berharga dan mereka melakukan tindakan terhadap sampah untuk mencapai tujuan tertentu.Downloads
Download data is not yet available.