Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis HTML Materi Perpindahan Kalor Kelas V Sekolah Dasar

  • LILIK NUR LELILITA
  • ULHAQ ZUHDI

Abstract

Dasar pengembangan media yang dilakukan oleh peneliti berlatar belakang dari masalah kesulitan belajar yang dialami siswa pada mata pelajaran IPA materi kalor sub materi perpindahan kalor. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media belajar alternatif hingga mencapai kelayakan dengan kualifikasi valid dan praktis. Tingkat kevalidan ditentukan berdasarkan hasil pengukuran melalui uji validasi oleh ahli materi dan ahli media, sedangkan penentuan tingkat kepraktisan berdasarkan respon pengguna media dilakukan melalui kuesioner guru dan siswa. Analisis data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis secara kuantitatif. Hasil analisis data secara kuantitatif dari uji validasi dan kuesioner pengguna menunjukkan persentase kevalidan materi sebesar 79,2%, kevalidan media sebesar 89,6%, kuesioner guru sebesar 96,9% dan kuesioner siswa sebesar 94%. Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa multimedia interaktif berbasis HTML valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran materi perpindahahn kalor sesuai dengan saran dan kesulitan dari pengguna.

Published
2020-06-29
Section
Articles
Abstract Views: 161
PDF Downloads: 421