Pengembangan Media Pembelajaran Kartu “Kuartet Kingdom” Pada Pembelajaran Tematik Materi Kerajaan Hindu, Budha Dan Islam Di Indonesia Untuk Kelas IV Sekolah Dasar

  • MEINALDO BADRIAN SUMARSONO
  • MULYANI

Abstract

Latar belakang dari permasalahan ini adalah masih banyaknya siswa yang mengalami kendala dan kesulitan dalam memahami pembelajaran IPS dari guru. Hal ini dikarenakan guru tidak menggunakan metode yang tepat dan juga tidak menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui kevalidan dari media “Kuartet Kingdom” dalam materi Kerajaan Hindu, Budha dan Islam di Indonesia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development R&D yang menggunakan model ADDIE dan metode kuantitatif dan kualitatif. Subjek dari penelitian ini seharusnya adalah siswa kelas IV SDN Dr. Sutomo Surabaya tetapi karena adanya wabah “COVID 19” penelitian tidak bisa dilakukan di lapangan dan peneliti memutuskan untuk melakukan proses penelitian hanya sampai dengan proses validasi. Penelitian ini terdiri atas 5 tahapan sesuai dengan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Kartu “Kuartet Kingdom” mendapatkan persentase kevalidan media sebesar 85%, sedangkan untuk kevalidan materi mendapatakan persentase sebesar 72%. Dari hasil ini dapat diambil kesimpulan bahwa media Kartu “Kuartet Kingdom” merupakan media pembelajaran yang valid untuk digunakan.
Published
2020-06-30
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 56