MEDIA SOYA ADVENTURE NUSANTARA BERBASIS ANDROID PADA MATERI KEBERAGAMAN SOSIAL BUDAYA MASYARAKAT PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • NIKEN DIYAH WARDANI

Abstract

Pengembangan media “Soya Adventure Nusantara” dilatarbelakangi oleh tidak adanya media yang dihadirkan guru ketika proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) materi “Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat” serta kurangnya media pembelajaran yang menarik minat siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendesain produk sesuai dengan kompetensi dasar, (2) mengetahui tahapan pengembangan media, (3) mengetahui tingkat kelayakan media. Peneliti menggunakan metode Research and Development (R&D) model pengembangan Borg and Grall yang kemudian dimodifikasi menjadi 7 tahap: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain produk, (5) revisi produk, (6) uji coba produk, (7) revisi produk. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah data angket dari validitas, pengguna, dan data tes. Jenis data berupa data kuantitatif. Hasil uji kelayakan media “Soya Adventure Nusantara” pada ahli materi sebesar 80% kemudian 88,5% oleh ahli media termasuk dalam kategori valid, hasil dari angket pengguna sebesar 85,5% termasuk dalam kategori praktis, dan hasil data tes belajar siswa sebesar 0,75 N-gain termasuk tinggi. Dengan demikian media “Soya Adventure Nusantara” dapat digunakan sebagai media pembelajaran kelas V di sekolah dasar.

Kata Kunci: Pengembangan, Media “Soya Adventure Nusantara”, Android, Keberagaman Sosial Budaya Masyarakat

Published
2020-07-02
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 35