Pengembangan Media Diorama untuk Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

  • DWI RISTAVIDA
  • HENDRATNO

Abstract

Media Diorama merupakan suatu rangkaian media yang menggambarkan kejadian yang dibuat serupa dengan aslinya yang memiliki bentuk lebih kecil. Dengan adanya pengembangan media diorama dapat membantu siswa menulis puisi. Dari media diorama ini, siswa dapat menentukan judul, kerangka, dan isi puisi. Penelitian ini bertujuan mengetahui proses pengembangan media dan kualitas media dalam pembelajaran menulis puisi siswa kelas IV sekolah dasar. Dengan menggunakan jenis model ADDIE yang memiliki lima tahapan. Hasil penelitian pengembangan media ini memiliki kualitas baik sehingga dapat dikatakan layak untuk diterapkan pada pembelajaran keterampilan menulis puisi bagi siswa kelas IV sekolah dasar. Dengan perolehan kevalidan dari para ahli media sebesar 96%, dari ahli materi 95%, dan dari nilai rata-rata berdasarkan lembar angket siswa 98%.

Kata Kunci: pengembangan, media diorama, menulis puisi.


Published
2020-07-06
Section
Articles
Abstract Views: 128
PDF Downloads: 116