EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENGUKUR PENCAPAIAN INDIKATOR TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGOLAHAN DATA KELAS V SD DI TENGAH SITUASI LOCKDOWN AKIBAT VIRUS COVID-19

  • PEBRI MUDAMAYANTI
  • WIRYANTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas penggunaan aplikasi Google Classroom terhadap pembelajaran matematika materi pengolahan data kelas V SD Babat Surabaya dengan menggunakan pencapaian indikator tertentu. Sampel diambil secara cluster random sampling yaitu mengambil satu kelas acak diantara empat pilihan kelas yaitu kelas V D yang ada di SDN Babat Jerawat I/118 Surabaya yang berjumlah 30 siswa. Analisis data diujikan kepada kelas V D dengan terbagi menjadi dua kelompok sebagai pembanding yaitu kelompok A dan kelompok B. Hasil uji hipotesis terhadap hasil data tes online dan tes offline menggunakan uji paired samples test pada taraf signifikan 0,05 sehingga didapat nilai Sig. 0,210 < 0,05 dengan kesimpulan H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Google Classroom menunjukkan adanya pengaruh terhadap pembelajaran matematika materi pengolahan data kelas V SDN Babat Jerawat I/118 Surabaya ketika situasi lockdown akibat virus Covid 19. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya perbedaan rata-rata dari hasil online test dengan offline test. Nilai rata-rata kelompok A yang melakukan online test lebih besar dari offline test hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Google Classroom membuat proses pembelajaran lebih efektif.

Kata Kunci: Google Classroom, hasil belajar, pengolahan data.

Published
2020-07-06
Section
Articles
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 15