PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM PEMBELAJARAN TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan serta kelayakan media berdasarkan kevalidan dan kepraktisan media ular tangga dalam pembelajaran tema daerah tempat tinggalku. Metode yang digunakan penelitian pengembangan atau Research Based Development, dengan mengacu pada model ADDIE yang mana terdapat 5 tahapan. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa kevalidan media ular tangga mencapai presentase 84.1% (sangat valid) dari ahli media dan 90.9% (sangat valid) dari ahli materi. Sedangkan kepraktisan media ular tangga berdasarkan hasil angket respon siswa memperoleh presentase 91% (sangat praktis). Dapat disimpulkan bahwa media ular tangga yang dikembangkan oleh peneliti layak untuk digunakan sebagai media pebelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, media ular tangga, pembelajaran.PDF Downloads: 105