PENGARUH MEDIA KARTU DOMINO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SISWA KELAS IV SDN KEMUNING TARIK SIDOARJO
Abstract
Media kartu domino digunakan sebagai alat dalam pembelajaran yang memudahkan siswa dalam menerima materi pecahan sehingga dapat memengaruhi keberhasilan hasil belajar siswa. Bentuk media kartu domino yang digunakan pada setiap salah satu sisi kartunya terdapat dua bagian yang berisi nilai-nilai pecahan. Pada permainan yang menggunakan media kartu domino dilakukan dengan cara menyamakan nilai-nilai pecahan yang senilai. Pemahaman materi pecahan senilai pada permainan media kartu domino akan memengaruhi pada hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa hasil belajar siswa dari kelas eksperimen dan kontrol berbeda karena adanya pengaruh dari media kartu domino yang melibatkan pecahan senilai pada permainannya yang dilakukan siswa kelas IV SDN Kemuning Tarik Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy experiment. Rancangan penelitian ini yaitu menggunakan non-equivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah siswa kelas IV A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 18 siswa dan IVB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 18 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa adanya pengaruh dari media kartu domino yang signifikan terhadap hasil belajar matematika materi pecahan siswa kelas IV SDN Kemuning Tarik Sidoarjo. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil uji hipotesis yang diterima dengan perolehan nilai thitung 2,322 > ttabel 2,042 dengan taraf signifikansi 5%.
Kata Kunci: media kartu domino, hasil belajar materi pecahan